Sulsel

Mantan Lurah di Pangkep, DPO Kasus Korupsi Ditangkap Tim Tabur Kejagung di Kota Palu

×

Mantan Lurah di Pangkep, DPO Kasus Korupsi Ditangkap Tim Tabur Kejagung di Kota Palu

Sebarkan artikel ini

Makassar, SuaraTimur.com — Pada hari Rabu, 18 Oktober 2023, sekitar pukul 15.45 Wita, tersangka JD (40 tahun), mantan Lurah Padoang-Doangan Kec. Pangkajene Kab. Pangkep, berhasil diamankan oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung RI, Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Sulsel, dan Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Pangkep. Penangkapan ini berlangsung di area tambang batu pecah Jl. Gunung Loli, Lolu Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

JD adalah Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana Kelurahan Padoang-Doangan tahun 2020-2021, yang merugikan negara sebesar Rp. 315.394.642,90. Ia ditetapkan sebagai DPO berdasarkan Surat Kepala Kejaksaan Negeri Pangkep Nomor Kep-06/P.4.27/Fd.1/2023 tanggal 19 Januari 2023.

Sebelum penangkapan, JD diketahui tidak kooperatif memenuhi panggilan penyidik untuk pemeriksaan. Setelah ditetapkan sebagai DPO, JD melarikan diri dan berpindah-pindah tempat, mulai dari Belopa Kabupaten Luwu, Palu Sulawesi Tengah, hingga Kabupaten Maros.

Penangkapan ini merupakan hasil dari kegiatan surveillance oleh Tim Tabur selama dua hari dua malam. Pada pukul 15.45 Wita, Tim Tabur berhasil mengamankan JD di tempat persembunyiannya. Pada pagi hari berikutnya, JD diterbangkan ke Makassar dan dibawa ke Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan untuk diserahkan kepada Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Pangkep.
Kajati SulSel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, SH. MH, menghimbau para buronan lainnya untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Menurutnya, “tidak ada tempat yang aman bagi para buronan”.
Setelah penyerahan, JD akan menjalani pemeriksaan tahap penyidikan lebih lanjut.

BACA JUGA:  SDN 15 Bonto-bonto Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Di Rangkaikan Penutupan Pameran Literasi Siswa

Kasus ini akan segera dilimpahkan ke pengadilan untuk mendapatkan keputusan hukum yang adil dan transparan.
Simanjuntak juga menegaskan bahwa penangkapan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dalam memberantas tindak pidana korupsi. “Kami tidak akan berhenti sampai semua buronan berhasil kami tangkap dan diadili sesuai hukum yang berlaku,” tegas Simanjuntak.

Dalam kasus ini, publik diharapkan dapat memberikan dukungan moral kepada aparat penegak hukum. Simanjuntak berharap, dengan penangkapan ini, masyarakat dapat lebih percaya kepada proses hukum di Indonesia dan lebih waspada terhadap tindak pidana korupsi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *